Ujian Ujian Ujiannnnnnnnn

image

 Hari sudah tiba pada saatnya. Saat yang ditunggu-tunggu oleh para siswa SMA Negeri 3 Kota Sorong, atau mungkin lebih tepatnya yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar para siswa di seluruh Indonesia. 28 November 2016 adalah hari pertama ujian semester ganjil. Seluruh siswa mempersiapkan dirinya masing-masing.

 Sehari yang lalu, ujianku sudah berakhir. Sekarang, waktunya mengemas semua memorabilia dalam blog tersayang ini, wkwk. Aku juga ingin membahas ujian akhir semester yang sudah tidak ada nilai integritasnya lagi di pos selanjutnya. Ditunggu saja, ya.

 Jadi, tujuh hari yang lalu, tepat 28 November 2016, kami melaksanakan ujian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Jadwal pertama cukup membuat otak kami terkuras, karena pelajaran yang diujikan ada tiga dan semuanya berturut-turut adalah Kimia, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan Prakarya (catatan: untuk peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam). Sehari sebelumnya, saat hari minggu, aku memang sudah ada persiapan untuk hari senin ini. Soal-soal yang kuprediksikan ternyata muncul saat ujian kimia. Alhamdulillah di satu sisi, tapi… sebenarnya aku lupa :v *plak. Jadi, aku tuh sudah belajar materi ikatan ion, ikatan kovalen, atau bahkan afinitas elektron, dan sebagainya. Tapi, aku lupa makna dan maksud dari materi tersebut. Fyi, kami sebenarnya belum diajarkan materi-materi itu. Dan yang paling parah, aku tuh sering ke luar kota (izin dua minggu) untuk mengikuti lomba dan semacamnya. Ya otomatis aku jadi ketinggalan pelajaran, dan jadi ga ngerti materinya. Chemistry… oh, chemistry….

 Ya gapapa sih, aku juga ga permasalahin nilainya nanti kaya apa. Yang penting, aku melakukannya dengan jujur, dan tetap menjaga integritas. Banyak orang-orang di sekitarku yang tidak menjaga integritas. Tapi aku ga marah, sih, serius. Hanya saja, apa dunia ini jadi adil kalau tidak ada keseimbangan antara yang satu dengan yang lain? Apalah daya.

 Kimia berlalu, terbitlah PKn. Untuk PKn, aku cukup optimis karena bekalku sudah cukup matang. Walau sehari sebelumnya aku ga belajar PKn, Alhamdulillah semua yang diujikan dapat kujawab dengan ingatan, penalaran, dan pemahaman dalam kehidupan sehari-hari. Kupikir PKn cukup mudah, barangkali. Setelah itu, prakarya. Prakarya ini mudah sebenarnya, hanya saja ada kerancuan di soal-soal pernyataan. It’s confusing, but who cares? Ya udah, jawab aja. Aku juga ga permasalahin nilainya nanti kaya apa :3

 Dan esoknya, selasa.

 Ini adalah ujian terparah dalam hidupku setelah lebih dari sembilan tahun lamanya. Ujian Matematika! Baru kali ini, aku ngalamin ujian tersulit sepanjang masa. Ujian yang buat aku ga tau harus ngisi apa, ga tau harus jawab apa, bingung, pusing. Semuanya terlihat susah. Kadang, aku jadi kesel sama diri sendiri. Coba aja selama satu semester itu aku serius, mungkin aku bakal paham sama materi matematika. Tapi ini nggak! Matematika Peminatan itu keliatan kaya angka-angka abstrak bagiku. Terlalu rumit. Untuk matematika wajib, Alhamdulillah aku bisa mengerjakannya. Dan dikatakan tuntas. Sedangkan matematika peminatan, jangan tanya aku tuntas apa ngga. Jelas-jelas ga tuntas. Boro-boro… satu kelas aja ga tuntas, atau jangan-jangan malah satu tingkatan kelas 10 semuanya ga tuntas :”v

 Penjas? Hm. No comment.

 Hari rabu: Biologi, Sejarah, Seni Budaya. Astagfirullah, ini hampir pelajaran hafalan semua. Maksudku, pelajarannya sangat berkaitan erat dengan hafalan. Biologi, kita harus ngafal nama-nama latin, ngafal semua materi biologi yang berhubungan dengan kingdom, such as protista and fungi. Termasuk juga virus sama bakteri. Banyak banget, kan, wkwk. Dan banyak banget istilah-istilah biologi yang harus kita pelajari. Masa ameboid, plasmodium, siklus hidup, bentuk-bentuk virus, penyebab penyakit tetelo, and many more. Aku bisa dikitlah. Yang aku sayangkan itu, ada pihak-pihak yang menggunakan kecurangan. Ya gapapa deh, disenyumin aja (: *walau hati terasa diiris-iris. Gimana ya.. aku ga bermaksud nyinggung orang yang ga menjaga nilai integritas. Tapi, aku kecewa aja gitu. Kita udah belajar capek-capek, begadang ampe pagi, tapi kalian dengan mudahnya menyontek, kerja sama. That’s so……. a m a z i n g.

 Sejarah? Susah-susah gampang. No comment. Seni Budaya? Alhamdulillah, lumayan gampang lah. Tapi gatau dah nilainya berapa. Untuk hari selanjutnya, ada fisika sama agama. Aku ga mau komen, soalnya aku sedih kalo mikirin ujian ini. Dan besoknya, ada bahasa indo sama bahasa inggris. Aku juga sedih, ga mau komen. Dan yang terakhir ada prancis sama eko. Ini lebih sedih lagi. Dan ditambah miris. Aku miris, sekali. Aku kecewa sama temen-temen. Tapi ya udah (: gapapa deh. Gapapa.

 Ehh udah dulu ya, udah disuruh emak nyuci baju :v Daaa, disambung besok dengan UAS: Adakah Nilai Integritas di Dalamnya?.

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s